Tuesday, October 22, 2013

Penguat Sinyal WiFi

Share on :

Penguat Sinyal WiFi - Linksys RE1000 Penguat Sinyal WiFi Mudah Digunakan

Linksys RE1000 merupakan perangkat wireless range extender 802.11n 2.4GHz yang berfungsi memperluas jangkauan jaringan wireless. Sementara merk Linksys yang sebelumnya sub-brand dari Cisco, baru-baru ini telah dimiliki oleh Belkin.

RE1000 memiliki desain yang sederhana dengan casing terbuat dari plastik yang kokoh dan memiliki perpaduan warna hitam keabuan. Bentuk yang kokoh snagat dibutuhkan, karena penguna mungkin harus menempatkan perangkat pada tempat yang menonjol dikamar maupun koridor ruangan. Sementara ketiadaan antena dan lampu LED sangat membantu menyatukannya dengan background ruangan.

Perangkat juga dirancang sangat kompak, karena memiliki steker listrik dibagian belakang, shingga tidak ada lagi kabel yang menjulur. Namun Cisco juga menyedakan kabel listrik ekstensi sebagai pengganti steker listrik, bila pengguna ingin menaruhnya dilantai.


Kemudahan dalam menghubungkannya ke jaringan menjadi poin penting dari Linksys RE1000. Bila router yang digunakan memiliki WiFi Protected Setup, hanya perlu menekan tombol WPS pada masing-masing perangkat. Sementara untuk jaringan standar 11n dengan keamanan WPA2, hanya perlu memasang RE1000, memasukkan CD setup ke komputer, kemudian ketik password jaringan yang ada dan seluruh data tersimpan keperangkat secara wireless.



Pengujian extender dilakukan melalui pemasangan berbeda, sehingga bisa diketahui ternyata kegunaannya tergantung pada jenis pemasangan yang dilakukan. Pengujian pertama dilakukan didalam gedung dengan dinding beton dimana sinyal harus menyusuri koridor beton sejauh 5 meter menuju ruangan besar. Sinyal diuji pada tiga lokasi, pertama 7 meter saling berhadapan dengan router, kedua 8 meter dimana sinyal diblokir oleh dinding dan ketiga dengan jarak 10 meter dengan gangguan yang lebih besar.

Hasil tanpa extender, kecepatan data jaringan mencapai 87Mbps (7m), 63Mbps (8m) dan 32Mbps (10m). Ini artinya, bila bergerak hanya 3 meter kebelakang data rate turun hingga 28% dan pada 10m turun hingga 63%. Sementara ketika Linksys RE1000 ditempatkan pada ujung koridor diperoleh data rate 54Mbps (7m), 47Mbps (8m) dan 31Mbps (10m). Terlihat kecepatan data ternyata menurun untuk masing-masing jarak dan ini kemungkinan disebabkan retransmisi yang overhead dan interferensi antara perangkat 2.4GHz dalam jarak dekat.

Pengujian kedua kemudian dilakukan dengan pemasangan berbeda pada rentang yang lebih luas. Pada pemasangan ini ekstender akan difungsikan untuk memperkuat sinyal diantara lantai bangunan.

Sebelum menggunakan RE1000, kecepatan data mencapai 24Mbps di lantai 1, 1Mbps di lantai 2 dan tidak ada sinyal di lantai 3. Kemudian menggunakan RE1000 yang ditempatkan agak jauh dari roter dengan sinyal yang masih dapat dijangkau, hasilnya meningkat menjadi 37Mbps dilantai 1, 11Mbps dilantai 2 dan 1Mbps dilantai 3. Ini menunjukkan pada rentang yang lebih besar RE1000 mampu memperluas jangkauan jaringan secara efektif.

Kesimpulannya, Linksys RE1000 merupakan alat penguat sinyal jaringan wirelss yang mudah digunakan dan sangat bermanfaat dalam memperluas jangkauan jaringan anda. Kekuatan Linksys RE1000 terletak pada kesederhanaan, pemasangan yang mudah, serta mampu menyediakan sinyal koneksi yang solid, karena tidak pernah mengalami penurunan koneksi selama pengujian.

Ditulis Oleh : Unknown // 9:51 PM
Kategori:

3 comments:

@Bontangers